Wednesday 13 May 2015

Seorang Gadis kecil




Perayaan kelulusan SMA pun telah usai, bunga-bunga kebahagian akan kehidupan dewasa segera dimulai. Dengan niat dan keyakinan di pundakku kulangkahkan kakiku dengan mantap menuju sebuah tempat dimana aku harus menjalani berbagai tes masuk dunia perkuliahan untuk menentukan masa depanku nanti. Berlatar belakang dari sebuah sekolah kejuruan tak menyurutkan langkahku untuk mengikuti tes ini. Maklum saja, untuk anak-anak yang memiliki cap SMK (sekolah menengah kejuruan) memang di persiapkan untuk menghadapi dunia kerja setelah lulus nanti bukannya dunia perkuliahan. Serta minimnya informasi yang aku terima mengenai perkuliahan pun sedikit menjadi kendala bagiku kala aku memilih jurusan serta universitas mana nanti. Akhirnya, berbekal saran dari
guru pembimbingku di SMK aku pun memutuskan untuk mengambil:
1.      Sastra Rusia di Universitas Padjadjaran
Haha berbeda jauh sekali dengan latar belakangku dari sekolah menengah kejuruan yang memiliki jurusan akutansi. Serta universitas Padjadjaran yang memang aku tak tahu dimana berada bahkan untuk mendengar namanya saja aku tak pernah, bodoh dan konyol memang!
2.      Akutansi Perbankan di Universitas IAIN
Selain untuk meneruskan ilmu akutansi ku, universitas yang kupilih ini tidaklah jauh dari rumahku.
3.      Ekonomi di Universitas Negeri Jakarta
Ya, tak begitu jauh lah dari latar belakangku yang seputar angka-angka dan mengapa ku memilih universitas ini karena tetangga ku juga kuliah di sana.

Aku yang sama sekali buta akan tes-tes masuk perkuliahan semacam ini pun lagi mengalami kesalahan, yaitu aku mengambil tes IPC yang ternyata terdapat tes Kimia, Fisika, Biologi dsb yang notebene nya aku sama sekali tidak mempelajarinya di sekolah.
Tes  demi tes pun aku lalui semampuku, berbekal doa dari  seorang ibu yang membawa keyakinan pada diriku kalau aku mampu bersaing walaupun saat itu keadaan ku dalam kondisi sakit. Tes untuk bagian IPA pun tiba yaitu (Fisika, Kimia, Biologi dsb) zoooonnnkkkk what a questions and how I have to answer??? Tetapi, aku mencoba mengisinya dengan menghitung kancing dan bertaktik logika, maka ku jawab semua soal – soal di kertas itu dengan perhitungan benar mendapat skor 4, salah -1 dan tidak menjawab 0. Otakku pun berfikir kalau aku benar 1 maka aku akan menggugurkan 4 soal kesalahan, maka dari itu pun aku menjawab semua. Cukup menguras otakku sih dan pastinya kancing bajuku hahaha. 

2 minggu berselang, pengumuman SNMPTN  pun ramai. Aku yang saat itu yakin kalau aku tidak akan diterima mengingat kesalahanku saat memilih jurusan saat tes SNMPTN. Tetapi, abang-abangku ikut membeli salah satu surat kabar yang memang didalamnya terdapat pengumuman nama-nama pelajar yang masuk di Universitas Negeri di seluruh Indonesia. Mereka pun mencari namaku satu persatu dan kamu tahu???? Yup, Namaku tertera di dalam surat kabar itu sebagai calon mahasiswi Sastra Rusia di Universitas Padjadjaran. Senang, Lemas, Tak Percaya dan alhamdulilah bersyukur kepada Allah SWT tetapi, bukannya pujian maupun ucapan selamat yang dilayangkan abang-abangku kepadaku malah marah, cacian dan makian yang aku dapat. Karena kita semua pun bingung dimana Universitas Padjadjaran berada di Jatinangor, Sumedang itu Jauh dari rumahku dan itu pun berarti aku harus pindah serta jauh dari keluargaku. Karena aku adalah seorang gadis kecil, anak terakhir di keluargaku dan tak pernah jauh dari keluargaku dan aku pun yakin kalian sudah pasti bisa menebak kalau aku adalah gadis yang manja!

No comments:

Post a Comment